HARI MEDIA SOSIAL INDONESIA, JADILAH LABIH BIJAK.



Di era digital sekarang ini, media sosial telah memberikan efek yang sangat besar dari segi komunikasi global. Media sosial kini menjadi bagian penting di kehidupan, mulai dari cara bersosialisasi sehari-hari hingga pada sisi dunia usaha. namun tahukah kalian bahwa ada hari khusus untuk memeringati Hari Media Sosial?. Hari Media Sosial di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 Juni dan dicetuskan oleh Handi Irawan D. pada tahun 2015.

Media social sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, dari mulai anak-anak sampai orang mengenal baik dan menggunakan media social untuk berkomunikasi, namun dibalik ke-positive –an dari media social ada juga oknum –oknum yang menggunakan media social untuk melakukan tidak kejahatan seperti kasus yang beberapa kali terangkat oleh media. Penipuan, penculikan bahkan sampai tindakan asusila yang bermulai dari media social.

Maka dari itu sebagai pengguna media social masyarakat Indonesia harus lebih cermat dan berhati-hati. Gunakan media social dengan bijak. banyak pengguna media soial yang menggunakan identitas palsu untuk membuat akun di medsos mereka. Alasannya sungguh sangat beragam. Pihak pengembang media social pun tak bisa mengontrol hal ini, jadi hendaknya kita sebagai pengguna medsos harus lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakan medsos.

Jangan langsung percaya pada orang yang baru di kenal di media social, banyaknya kasus penipuan yang merugikan secara materil merupakan salah satu alasan kuat mengapa kita hendaknya jangan terlalu percaya dengan orang yang baru di kenal melalui Medsos, seringkali korban penipuan adalah mereka yang melakukan transaksi dagang melalui Medsos. Entah sang penjual yang menipu ataupun sebaliknya, baiknya gunakanlah situs jual beli yang valid dana man untuk melakukan transaksi dangang online untuk meminimalisir terjadinya tindakan penipuan.

Untuk itu, dengan adanya Hari Media Sosial di Indonesia diharapkan masyarakat Indonesia dapat lebih memahami penggunaan media sosial yang beretika serta mengetahui perubahan besar yang telah ditimbulkan media sosial pada jaman revolusi digital dewasa ini.(MD)

Postingan Populer